Senin, 25 November 2013

Masakan Indonesia yang Terkenal dari Ranah Minang

Indonesia di anugerahi keaneka ragaman budaya, ras dan suku, dengan keaneka ragaman tersebut tentu saja Indonesia juga memiliki berbagai macam kekhasan kuliner di masing-masing wilayah,  berikut adalah daftar kuliner atau makanan Indonesia yang mendunia.


1. Rendang
 
Rendang adalah masakan asli dari indonesia, masakan ini berasal dari tanah padang, yaitu orang padang yang pertama kali membuatnya. Masakan ini konon hanya disajikan pada saat moment-moment tertentu tapi dengan berkembangnya zaman makanan ini dapat di nikmati oleh semua kalangan. Rendang dengan tampilan yang sangat menggoda, masakan rending kenapa bisa enak ternyata ini sebanding dengan pembuatan masakan ini. Masakan ini memang memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi dengan process yang lama. Rendang memiliki ciri khas khusus dari bahan pembuatannya yaitu daging dengan satan kental. Emm, pasti lezat deh rendang.!

Sekali lagi tentang rendang, warisan dari  bundo  kita. Salam hormat untuk beliau yang telah memberikan kita masakan terlezat yang pernah ada dan diakui dunia sampai saat ini, Sumatra Barat mengguncang dunia. Luar biasa.

ini adalah suatu kebanggaan bagi masyarakat Minang karena Rendang Padang merupakan salah satu makanan kebanggan yang dijadikan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNNgo.com. surat kabar yang terkenal disumatra barat yaitu “Harian Singgalang”  menulisan liputan berseri soal rendang padang tersebut. Ini sebuah apresiasi atas kekayaan kuliner Ranah Minang, yang  tentu menjadi kebanggaan yang tak terduga oleh masyarakat minang sendiri,  dan apresiasi tersebut harus dijaga dalam bentuk berbagai kebijakan dan program agar kebanggaan tersebut tetap terasa bagi masyarakat Minang yang ada  di seluruh dunia.

Rendang Padang merupakan warisan tradisi kuliner yang turun menurun di Sumatra barat walaupun masing-masing daerah memiliki sentuhan serta cita rasa tersendiri jika diamati secara detil. Rendang Padang sudah menjadi makanan orang Indonesia sehingga tidak hanya orang Minang saja yang bisa membuatnya tapi juga orang di Malaysia yang masih ada garis keturunan orang melayu, sama seperti yang ada di Indonesia khususnya padang atau Singapura.

Dengan nama Rendang yang telah dinilai sebagai makanan terlezat didunia tentu kita selaku “produsen” mengharapkan tidak akan mengecewakan konsumen penikmat Rendang Padang.
Karena itu penulis mengimbau kepada masyarakat minang khususnya  yang membuat ” Rendang Padang ” untuk dijual ke publik melalui restoran/rumah makan di seluruh Indonesia dan dunia maupun dijual melalui catering dan juga yang dijual untuk kepentingan umum lainnya. Seharusnya mereka betul-betul komitmen dan konsisten dalam membuat Rendang Padang sehingga rasanya tidak berubah dan sehingga bisa mengecewakan konsumen yang memakan nya, sesuai harapan peserta polling dan pengunjung CNNgo.com, pemirsa CNN dan juga masyarakat dunia.

Sebagai contoh, memasak Rendang Padang memakan waktu lebih kurang 4 jam hanya untuk memasaknya, lalu ada sebagian orang ingin praktis dan cepat maka dimasaklah dengan tidak mengikuti kaidah waktu dan ketentuan yang sudah ada. Akibatnya rasanya kurang enak dan bentuknya pun kurang lezat karena bumbu yang dimasak belum terserap oleh dagingnya itu sendiri.

Rendang Padang menjadi terkenal di dunia karena memang kelezatan bumbunya yang terbuat santan kelapa yang dimasak dari mulai warnanya putih kemudian berubah kuning kemudian coklat hingga kehitaman sehingga menimbulkan aroma yang lezat tiada bandingnya.

Rasa dan aroma inilah yang merupakan khas Rendang Padang. Penulis menyebut Rendang Padang untuk membedakan dengan rendang yang lain, termasuk yang dari Malaysia. Penyebutan ini telah lazim di Indonesia. Untuk skala dunia penyebutan ini juga bermakna sebagai benteng kekayaan kuliner Indonesia. Rendang Padang inilah yang diakui pemirsa CNN sebagai makanan terlezat di dunia meskipun tertulis hanya “Rendang dari Indonesia.” Para ahli kuliner juga menyebut Rendang Padang sebagai cara untuk menjaga orisinalitasnya.

Rendang Padang juga bisa disebut sebagai makanan khas Indonesia karena Rendang Padang sudah dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia. Sekaligus merupakan produk asli dari Indonesia yaitu Sumatra Barat. Tidak ada orang Indonesia yang tidak kenal dengan Rendang Padang, selain karena adanya restoran/rumah makan padang di berbagai wilayah yang menyebabkan kepopulerannya juga karena sudah dibuat oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar