Selasa, 16 Oktober 2012

TUGAS KE II


1.  Manusia sebagai Makhluk yang Berbudaya

Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan, karena yang membahagiakan hidup manusia itu hakikatnya sesuatu yang baik, benar dan adil, maka hanya manusia yang selalu berusaha menciptakan kebaikan, kebenaran dan keadilan sajalah yang berhak menyandang gelar manusia berbudaya.

Manusia juga akan mulai berpikir tentang bagaimana caranya menggunakan hewan atau binatang untuk lebih memudahkan kerja manusia dan menambah hasil usahannya dalam kaitannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Manusia sangat mempunyai hasrat yang tinggi apabila dibandingkan dengan makhluk hidup yang lain. Hasrat untuk selalu menambah hasil usahanya guna mempermudah lagi perjuangan hidupnya menimbulkan perekonomian dalam lingkungan kerja sama yang teratur. Hasrat disertai rasa keindahan menimbulkan kesenian. Hasrat akan mengatur kedudukannya dalam alam sekitarnya, dalam menghadapai tenaga-tenaga alam yang beraneka ragam bentuknya dan gaib, menimbulkan kepercayaan dan keagamaan. Hasrat manusia yang selalu ingin tahu tentang segala sesuatu disekitarnya menimbulkan ilmu pengetahuan.

Ada hakekatnya kebudayaan mempunyai dua segi, bagian yang tidak dapat dilepaskan hubungannya satu sama lain yaitu segi kebendaan dan segi kerohanian. Segi kebendaan yaitu meliputi segala benda buatan manusia sebagai perwujudan dari akalnya, serta bisa diraba. Segi kerohanian terdiri atas alam pikiran dan kumpulan perasaan yang tersusun teratur. Keduanya tidak bisa diraba.

Jadi dapat disimpulkan dari tulisan diatas adalah
      Manusia Sebagai Makhluk Berbudaya adalah Manusia yang diciptakan untuk menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai makhluk Tuhan. Manusia harus menguasai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemimpinannya di muka bumi disamping tanggung jawab dan etika moral harus dimiliki, menciptakan nilai kebaikan, kebenaran, keadilan dan tanggung jawab agar bermakna bagi kemanusiaan dan lingkungan sekitarnya.

A.jelaskan HAKIKAT MANUSIA SBG MAHLUK BUDAYA??

Manusia merupakan pencipta kebudayaan karena manusia dianugerahi akal dan budidaya. Dengan akal dan budidaya,itulah manusia menciptakan dan mengembangkan kebudayaan.
Terciptanya kebudayaan adalah hasil interaksi manusiadengan segala isi alam raya ini . Kebudayaan adalah ekspresi eksistensi manusia di dunia. Dengan kebudayaannya , manusia mampu menampakkan jejak-jejaknya dalam panggung sejarah dunia . Oleh karena itu , manusia adalah pencipta kebudayaan sehingga manusia adalah makhluk berbudaya .
Contoh :

Ngaben adalah upacara penyucian atma (roh) fase pertama sebagai kewajiban suci umat Hindu Bali terhadap leluhurnya dengan melakukan prosesi pembakaran jenazah, ngaben merupakan kebudayaan  masyarakat, dan itu terus dilestarikan oleh umat hindu sampai sekarang ini.

   B. Apa perbedaan antara Etika dan Estetika ?

Jawab :Etika dan estetika berbeda satu sama lain, Etika berkaitan dengan niali yang baik dan buruk, bias diterima oleh banyak orang. sedangkan estetika berkaitan dengan hal yang indah dan jelek. Nilai estetik tidak bisa dipaksakan kepada orang lain karena lebih bersifat perasaan bukan pernyataan.

c. jelaskan problematika kebudayaan???
PROBLEMATIKA KEBUDAYAAN

Adalah sesuatu yang indah jika kebudayaan yang merupakan harta yang turun temurun dari nenek moyang kita, dapat kita pertahankan kelestariannya. Tapi perkembangan jaman tidak dapat dibendung, seiring dengan berjalanya waktu, maka kelestarian kebudayaan tersebut harus dijaga karena kebudayaan hanyalah identitas diri dan merupakan identitas bangsa. Bangsa yang memiliki identitas akan menjadi bangsa yang kuat dan menjadi bangsa yang tidak mudah untuk dijajah oleh bangsa lain. Problematika kebudayaan sangat berbahaya jika dibiarkan, karena kebudayaan merupkan jati diri bangsa, bila itu hilang maka dengan sangat mudah bangsa itu akan hancur dan dijajah oleh bangsa lain. Oleh sebab itu bagaimanapun juga caranya kita harus mempertahankan identitas bangsa kita yaitu kebudayaan. Mulailah dengan mencintai kebudayaan daerah, dan serukan dalam hati yaitu: Aku Cinta Indonesia.

   D. Makanakah yang benar , Kebudayaan adalah       produk manusia atau manusia adalah produk kebudayaan ?

Jawab : Menurut saya yang benar adalah pernyataan “ Kebudayaan adalah produk manusia “karena manusia dianugerahi dengan akal dan fikiran  dengan keduanya itulah menusia dapat menciptakan dan mengembangkan kebudayaan.perwujudan kebudayaan adalah benda – benda yang diciptakan manusia sebagai mahluk yang berbudaya yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar