Senin, 25 November 2013

kemacetan tanggung jawab siapa???

Saling sindir ini terjadi antara SBY dan Jokowi. Kedua tokoh ini saling lempar pendapat soal kemacetan. SBY yang juga Presiden Indonesia meminta setiap pemerintah daerah bertanggung jawab atas kemacetan lalu lintas di jalan. Entah sengaja atau tidak, pria bernama lengkap Susilo Bambang Yudhoyono itu menjadikan DKI Jakarta sebagai contohnya. Nama Jokowi sebagai Gubernur DKI dicatutnya pula. "Kalau biang kemacetan misalnya di Jakarta, serahkan kepada Pak Joko (Joko Widodo). Biang kemacetan misalnya di Bandung, datanglah ke Pak Heryawan (Ahmad Heryawan, Gubernur Jabar) atau Walikota Bandung," ujar SBY dalam silaturahmi dengan pengurus Kadin di Istana Bogor, Senin 4 November yang lalu seperti dilansir situs presidenri.go.id.

Sungguh ironis melihat kedua orang yang banyak dikagumi oleh masyarakat luas, ternyata mereka saling lempar kesalahan, entah siapa yang salah, pemerintahan pusat atau pemerintahan daerah kah????  Kita sering mendengar kata “ macet” mungkin bagi kita orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kata macet khususnya warga Jakarta.

Macet sungguh nya terjadi akibat banyaknya kendaraan yang ada dijalan raya, sehingga terjadinya penumpukan pada jalan sehingga menyebabkan terjadinya “macet”. Kita tak dapat menyalahkan dan siapa yang harus bertanggung jawab atas terjadinya keadaan seperti ini. Bertahun- tahun kita merasa kan kemacetan yang ada dimana, seharusnya pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah bekerja sama untuk bisa memecahakan masalah yang terjadi di Indonesia agar penyakit “macet” ini bisa terselesaikan.
Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi menganggap SBY "keseleo" lidah dan "keseleo" pemahaman soal pernyataan kemacetan Jakarta hanya ditimpakan ke pundak Jokowi. "Ingat, Jokowi memang menjabat Kepala Daerah tapi bisakah kita memahami kebijakan-kebijakan makro lebih banyak diatur oleh menteri-menterinya SBY. Ambil contoh, kebijakan mobil murah yang kini makin membajiri Jakarta, apakah adil kita menyalahkan Jokowi ? Publik pun masih ingat kalau Jokowi dan Ahok menentang habis-habisan kebijakan mobil murah sementara menteri-menteri SBY bernada sama menyetujui kebijakan konyol tersebut," tegas Ari Junaedi saat berbincang dengan Okezone, Selasa (5/11/2013).

Bagaimana bisa mengatasi kemacetan kalau antara pemerintahan pusat dan daerah tidak sejalan dan sepemikiran sungguh memalukan kita melihat pemerintahan yang ada saat ini, bukannya saling membahu-membahu tapi saling menjatuhkan dalam hal membangun negeri tercinta ini. Kapan kita  bisa lepas dari kata” kemacetan” yang berkepanjangang, yang telah menghabisan banyak dana untuk perbaikkan jalan dan pemakaian bahan bakar minyak.


Masakan Indonesia yang Terkenal dari Ranah Minang

Indonesia di anugerahi keaneka ragaman budaya, ras dan suku, dengan keaneka ragaman tersebut tentu saja Indonesia juga memiliki berbagai macam kekhasan kuliner di masing-masing wilayah,  berikut adalah daftar kuliner atau makanan Indonesia yang mendunia.


1. Rendang
 
Rendang adalah masakan asli dari indonesia, masakan ini berasal dari tanah padang, yaitu orang padang yang pertama kali membuatnya. Masakan ini konon hanya disajikan pada saat moment-moment tertentu tapi dengan berkembangnya zaman makanan ini dapat di nikmati oleh semua kalangan. Rendang dengan tampilan yang sangat menggoda, masakan rending kenapa bisa enak ternyata ini sebanding dengan pembuatan masakan ini. Masakan ini memang memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi dengan process yang lama. Rendang memiliki ciri khas khusus dari bahan pembuatannya yaitu daging dengan satan kental. Emm, pasti lezat deh rendang.!

Sekali lagi tentang rendang, warisan dari  bundo  kita. Salam hormat untuk beliau yang telah memberikan kita masakan terlezat yang pernah ada dan diakui dunia sampai saat ini, Sumatra Barat mengguncang dunia. Luar biasa.

ini adalah suatu kebanggaan bagi masyarakat Minang karena Rendang Padang merupakan salah satu makanan kebanggan yang dijadikan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNNgo.com. surat kabar yang terkenal disumatra barat yaitu “Harian Singgalang”  menulisan liputan berseri soal rendang padang tersebut. Ini sebuah apresiasi atas kekayaan kuliner Ranah Minang, yang  tentu menjadi kebanggaan yang tak terduga oleh masyarakat minang sendiri,  dan apresiasi tersebut harus dijaga dalam bentuk berbagai kebijakan dan program agar kebanggaan tersebut tetap terasa bagi masyarakat Minang yang ada  di seluruh dunia.

Rendang Padang merupakan warisan tradisi kuliner yang turun menurun di Sumatra barat walaupun masing-masing daerah memiliki sentuhan serta cita rasa tersendiri jika diamati secara detil. Rendang Padang sudah menjadi makanan orang Indonesia sehingga tidak hanya orang Minang saja yang bisa membuatnya tapi juga orang di Malaysia yang masih ada garis keturunan orang melayu, sama seperti yang ada di Indonesia khususnya padang atau Singapura.

Dengan nama Rendang yang telah dinilai sebagai makanan terlezat didunia tentu kita selaku “produsen” mengharapkan tidak akan mengecewakan konsumen penikmat Rendang Padang.
Karena itu penulis mengimbau kepada masyarakat minang khususnya  yang membuat ” Rendang Padang ” untuk dijual ke publik melalui restoran/rumah makan di seluruh Indonesia dan dunia maupun dijual melalui catering dan juga yang dijual untuk kepentingan umum lainnya. Seharusnya mereka betul-betul komitmen dan konsisten dalam membuat Rendang Padang sehingga rasanya tidak berubah dan sehingga bisa mengecewakan konsumen yang memakan nya, sesuai harapan peserta polling dan pengunjung CNNgo.com, pemirsa CNN dan juga masyarakat dunia.

Sebagai contoh, memasak Rendang Padang memakan waktu lebih kurang 4 jam hanya untuk memasaknya, lalu ada sebagian orang ingin praktis dan cepat maka dimasaklah dengan tidak mengikuti kaidah waktu dan ketentuan yang sudah ada. Akibatnya rasanya kurang enak dan bentuknya pun kurang lezat karena bumbu yang dimasak belum terserap oleh dagingnya itu sendiri.

Rendang Padang menjadi terkenal di dunia karena memang kelezatan bumbunya yang terbuat santan kelapa yang dimasak dari mulai warnanya putih kemudian berubah kuning kemudian coklat hingga kehitaman sehingga menimbulkan aroma yang lezat tiada bandingnya.

Rasa dan aroma inilah yang merupakan khas Rendang Padang. Penulis menyebut Rendang Padang untuk membedakan dengan rendang yang lain, termasuk yang dari Malaysia. Penyebutan ini telah lazim di Indonesia. Untuk skala dunia penyebutan ini juga bermakna sebagai benteng kekayaan kuliner Indonesia. Rendang Padang inilah yang diakui pemirsa CNN sebagai makanan terlezat di dunia meskipun tertulis hanya “Rendang dari Indonesia.” Para ahli kuliner juga menyebut Rendang Padang sebagai cara untuk menjaga orisinalitasnya.

Rendang Padang juga bisa disebut sebagai makanan khas Indonesia karena Rendang Padang sudah dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia. Sekaligus merupakan produk asli dari Indonesia yaitu Sumatra Barat. Tidak ada orang Indonesia yang tidak kenal dengan Rendang Padang, selain karena adanya restoran/rumah makan padang di berbagai wilayah yang menyebabkan kepopulerannya juga karena sudah dibuat oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.



Penyadapan yang dilakukan oleh Negara Tetangga


Mungkin akhir-akhir ini kita sering dengar kata “penyadapan” yang dilakukan oleh Negara tetangga kita yaitu Negara Australia, ada kata orang bijak “bila kita baik sama tetangga pasti tetangga akan baik juga sama kita”. Tetapi sepertinya kata bijak itu tidak berlaku pada tetangga Negara kita, dimana secara diam-diam dia suka mengintip kamar kita, apa ini balasan dari perbuatan baik yang kita berikan kepada dia???????
Inilah yang terjadi pada Negara kita,ironis nampaknya dimana penyadapan pembicaraan dilakukan terhadap presiden kita yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono, sampai juga terhadap menterinya juga. Ini sama saja seperti serigala berbulu domba, diluar Nampak bersahaja, tapi didalamnya seperti ingin memakan lantaran mempunyai nilai busuk yang besar (dipenuhi niat yang banyak).

Dimasa orde baru ada istilah bahwa “Indonesia merupakan ancaman terbesar bagi Australia“  entah apa yang menjadikan mereka jadi terancam oleh kita. Yang jelas sekarang  Indonesia-Australia terus menjalin hubungan yang baik , sejumlah kerjasama telah dilakukan antaralain: pertukaran informasi, pertukaran intelejen,latihan-latihan bersama antara tentara Indonesia dan Australia  baik dari mulai angkatan darat hingga angkatan laut, polri, tidak hanya dalam bidang pertahanan saja dalam bidang ekonomi kita juga melakukan kerja sama yakni  kita menerima impor sapi paling banyak  dari Australia.

Tetapi hubungan baik yang telah terjalin kini dirusak oleh informasi dokumen Eduard Snowden bahwa pada tahun 2009 badan intelijen Australia (DSD), telah melakukan penyadapan terhadap pembicaraan ponsel presiden SBY, Ny. Ani Yudhoyono , Wapres Boediyono, Jusuf Kalla, dan menteri – menteri Sby antara lain: Sri mulyani, Hatta Radjasa, Andi mallarangeng, Dino Pati Jalal, Sofyan Jalil. Dari sini kita dapat melihat bagaimana sifat Negara tetangga kita sendiri, kalau kita banyangkan Negara Australia ini baik hanya terlihat dari lahirnya saja, tetapi hati sangat lah buruk, seperti ini mengetahui apa saja yang dilakukan oleh Negara kita.

Meski telah kita ketahui betapa besarnya kesalahan yang dilakukan oleh Negara Australia, tetapi reaksi presiden kita tidak secepat bagaimana reaksi yan diberikan seperti kasus sebelumnya yaitu kasus “ bunda putri” sungguh ironis tampaknya. Preseiden SBY kemaren telah melakukan nyetopan sejumlah kerja sama dengan Australia, antara lain dengan menarik kedubes untuk Indonesia di Australia didaerah canbera yaitu bapak Nadjib Riphat Koesoema, beberapa hari lalu.

Saat ini kita menunggu penjelasan dari Negara tetangga kita yaitu Australia, tetapi sepertinya PM “presiden”nya Australia Tony Abbot tenan (keberatan) untuk menyatakan permintaa maaf dan kalimat yang keluar hanyalah “sangat menyesal Indonesia mitra terbaik saat ini dan presiden SBY merupakan teman terbaik “. Mungkin ini lah ukuran baik tetangga Negara kita, katanya bertetangga tetapi tetangga sendiri diintip juga, untung aja Negara Indonesia adalah Negara penyabar, sehingga kita tak perlu untuk berdemo dan membakar kedubes Australia yang ada di Indonesia.  

Sumber : Koran poskota kamis 21 November 2013


Jumat, 01 November 2013

FAUNA YANG HIDUP DIPULAU SUMATERA

NAMA : ZULKIFLI
KELAS : 2 ID02
DOSEN: MEI RAHARJA
Sama halnya flora, fauna pun banyak yang hidup dan berkembang biak  dipulau sumatera, namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman banyak juga fauna yang hidup disumatera yang hampir punah,karena diburu dan dibunuh untuk diambil kulitnya. Sungguh sangat memalukan hal tersebut namun demikian  kita, untuk melestarikannya fauna yang hampir punah mari kita sama-sama menjaga fauna yang masih ada dan hidup, agar fauna ini akan terus hidup hingga akhir.
Berikut ini adalah fauna yang sebagian besar hidup dipulau sumatera

1.HARIMAU SUMATERA
http://ajimachmudi.files.wordpress.com/2010/10/h1.jpg?w=300&h=200

http://ajimachmudi.files.wordpress.com/2010/10/h2.jpg?w=300&h=236

Harimau Sumatra atau dalam bahasa latin disebut Panthera tigris sumatrae merupakan satu dari lima subspisies harimau (Panthera tigris) di dunia yang masih bertahan hidup. Harimau Sumatera termasuk satwa langka yang juga merupakan satu-satunya sub-spisies harimau yang masih dipunyai Indonesia setelah dua saudaranya Harimau Bali (Panthera tigris balica) dan Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dinyatakan punah.
Hewan dari filum Chordata ini hanya dapat diketemukan di Pulau Sumatera, Indonesia. Populasinya di alam liar diperkirakan tinggal 400–500 ekor. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) semakin langka dan dikategorikan sebagai satwa yang terancam punah.
Harimau dipercaya merupakan keturunan hewan pemangsa zaman purba yang dikenal sebagai Miacids. Miacids hidup pada akhir zaman Cretaceous kira-kira 70-65 juta tahun yang lalu semasa zaman dinosaurus di Asia Barat (Andrew Kitchener, “The Natural History of Wild Cats”).  Harimau kemudian berkembang di kawasan timur Asia di China dan Siberia sebelum berpecah dua, salah satunya bergerak ke arah hutan Asia Tengah di barat dan barat daya menjadi harimau Caspian. Sebagian lagi bergerak dari Asia Tengah ke arah kawasan pergunungan barat, dan seterusnya ke Asia tenggara dan kepulauan Indonesia,  sebagiannya lagi terus bergerak ke barat hingga ke India (Hemmer,1987).
Harimau Sumatera dipercaya terasing ketika permukaan air laut meningkat pada 6.000 hingga 12.000 tahun silam. Uji genetik mutakhir telah mengungkapkan tanda-tanda genetik yang unik, yang menandakan bahwa subspesies ini mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan subspisies harimau lainnya dan sangat mungkin berkembang menjadi spesies terpisah, bila berhasil lestari.

2. BADAK SUMATERA
http://ajimachmudi.files.wordpress.com/2010/10/b1.jpg?w=300&h=202

http://ajimachmudi.files.wordpress.com/2010/10/b2.jpg?w=300&h=214
Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) merupakan salah satu spesies badak yang dipunyai Indonesia selain badak jawa (Rhinocerus sondaicus). Badak sumatera (Sumatran rhino) juga merupakan spesies badak terkecil di dunia merupakan satu dari 5 spesies badak yang masih mampu bertahan dari kepunahan selain badak jawa,  badak india, badak hitam afrika, dan badak putih afrika.
Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) seperti saudara dekatnya, badak jawa, semakin langka dan terancam kepunahan. Diperkirakan populasi badak bercula dua ini tidak mencapai 200 ekor. Wajar jika IUCN Redlist kemudian memasukkan badak sumatera  (Sumatran rhino) dalam daftar status konservasicritically endangered (kritis; CE).
Badak sumatera dalam bahasa Inggris disebut sebagai Sumatran rhino. Sering kali juga disebut sebagai hairy rhino lantaran memiliki rambut terbanyak ketimbang jenis badak lainnya. Badak Sumatera dalam bahasa latin disebur sebagai Dicerorhinus sumatrensis.
Ciri-ciri dan Habitat Badak Sumatera. Badak sumatera memiliki dua cula dengan panjang cula depan berkisar antara 25-80 cm dan cula belakang lebih pendek sekitar 10 cm. Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) mempunyai panjang tubuh antara 2-3 meter dengan berat antara 600-950 kg. Tinggi satwa langka ini berkisar antara 120-135 cm.
Habitat badak sumatera meliputi hutan rawa dataran rendah hingga hutan perbukitan meskipun umumnya binatang langka ini menyukai hutan bervegetasi lebat. Satwa langka bercula dua ini lebih sering terlihat di hutan-hutan sekunder dataran rendah yang memiliki air, tempat berteduh, dan sumber makanan yang tumbuh rendah. Makanan utama badak sumatera meliputi buah (terutama mangga liar dan fikus), dedaunan, ranting-ranting kecil, dan kulit kayu.
Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) merupakan satwa penjelajah yang hidup dalam kelompok-kelompok kecil meskipun umumnya hidup secara soliter (menyendiri).Pada cuaca yang cerah sering turun ke daerah dataran rendah, untuk mencari tempat yang kering. Pada cuaca panas ditemukan berada di hutan-hutan di atas bukit dekat air terjun.

3.GAJAH SUMATERA

http://ajimachmudi.files.wordpress.com/2010/10/g1.jpg?w=300&h=216
http://ajimachmudi.files.wordpress.com/2010/10/g2.jpg?w=300&h=225

Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) adalah yang paling kecil dari ketiga subspesies dari Gajah Asia, dan merupakan endemic untuk Pulau Sumatra. Sebelum terjadi perusakan besar-besaran pada habitatnya, gajah secara luas tersebar di seluruh Sumatra pada ekosistem yang beragam, Gajah Sumatra ditemukan sampai hutan primer pada ketinggian di atas 1,750 m di Gunung Kerinci Barat Sumatra (Freywyssling, 1933 dalam Satiapillai. 2007).
Habitat yang paling disukai adalah hutan dataran rendah, dari berbagai ekosistem di daerah jelajahnya. Di masa lalu, ketika habitatnya belum rusak, gajah mengadakan migrasi luas. Pergerakan ini pada umumnya mengikuti aliran sungai. Gajah berpindah dari daerah gunung ke dataran rendah pantai selama musim kering dan naik ke bukit satu kali ketika hujan datang (Van Heurn, 1929; Pieters, 1938 dalam Satiapillai. 2007).
Gajah sumatera mempunyai ciri badan lebih gemuk dan lebar. Pada ujung belalai memiliki satu bibir. Berbeda dengan Gajah Afrika, Gajah Sumatera memiliki 5 kuku pada kaki depan dan 4 kuku di kaki belakang. Berat gajah sumatera dewasa mencapai 3.500-5000 kilogram, lebih kecil dari Gajah Afrika.
Gajah Sumatera dewasa dalam sehari membutuhkan makanan hingga 150 kilogram dan 180 liter air. Dari jumlah itu, hanya sekitar 40% saja yang mampu diserap oleh pencernaannya. Untuk memenuhi nafsu makan ini Gajah Sumatera melakukan perjalanan hingga 20 km perharinya. Dengan kondisi hutan yang semakin berkurang akibat pembalakan liar dan kebakaran hutan, tidak heran jika nafsu makan dan daya jelajah bintang berbelalai ini sering terjadi konflik dengan manusia.
Sebagaimana spesies gajah asia lainnya, Gajah Sumatera tidur sambil berdiri. Selama tidur, telinganya selalu dikipas-kipaskan. Ia mampu mendeteksi keberadaan sumber air dalam radius 5 kilometer. Gajah Sumatera, mengalami masa kawin pada usia 10-12 tahun. Dan akan melahirkan anak 4 tahun sekali dengan masa mengandung hingga 22 bulan.


MACAM-MACAM BATIK

 NAMA : ZULKIFLI
 KELAS : 2 ID02

Macam Batik Berdasarkan Cara Pembuatannya
Berdasarkan teknik yang digunakan untuk pembuatannya, batik dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut beberapa macam batik dan penjelasannya
1. Batik Tulis

    Sesuai dengan namanya, teknik perintang warna yang digunakan saat proses pembuatan batik tulis ini adalah dengan cara dibubuhkan di atas kain batik (seperti orang menulis) menggunakan alat yang bernama canting. Proses pembuatan batik jenis ini memerlukan waktu berbulan bulan sehingga harganya relatif mahal.
2. Batik Cap
     Pembuatan batik jenis ini menggunakan alat berbentuk lempengan yang dibuat dari tembaga dan dilengkapi dengan motif tertentu yang disebut dengn Cap. Cap berfungsi untuk membubuhkan malam ke atas kain batik, kurang lebih seperti prinsip stempel.
3. Batik Lukis

    Batik lukis atau batik painting adalah teknik pembuatan batik dengan cara melukis langsung diatas kain putih. Alat dan bahan untuk pembuatan batik lukis ini sama dengan batik pada umunya yaitu canting dan malam. Hanya pada batik lukis juga menggunakan kuas. Batik painting ini termasuk kreasi baru dan tidak lagi menggunakan motif tradisional, tetapi motif motif batik kontemporer yang lebih sederhana.

Macam Macam Batik Berdasar Motif atau Corak
1. Batik Kraton
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGb5u9t-rHOxIc0wMdvaYujHNPsThO_FM4G7A0N1G4zE3sVPt_9gKIyh4JIsHM5rI2cXUsoKnrZW1aHjdCVlTDEx5vVksboCSdzTohCMG-niZD-9vvr6wIghaKrmFWntkG8PWA76-52nul/s1600/kraton+1.jpg
gambar batik kraton
Penjelasannya: Batik ini adalah awal dari berbagai macam batik yang berkembang di Indonesia. Pada motifnya terkandung makna serta filosofi hidup. Batik Kraton ini dikerjakan oleh putrid putrid keraton maupun oleh pembatik ahli yang ada di dalam lingkungan keraton. Dulunya motif ini terlarang untuk dipakai oleh orang kebanyakan seperti halnya motif batik Parang Rusak, Parang Barong, Udan Liris serta beberapa jenis motif yang lain
2. Batik Sudagaran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8v__RneE9sRw_XdP7xO3FL6tWhDsoipWVfyEFqIgfNaMJqQwG2uy_67sZeOKyRCcl0alXz_8w6RqP1R8YNkaY3QlzXiXVP7jW9ZLz7HGp2W8ejMP-jn4YvSe0DGrLfp2xFdJoEEg8ltKE/s1600/sudagaran.jpg
gambar batik sudagaran

Penjelasan: Batik Sudagaran ini berasal dari motif larangan dari keraton yang dibuat motif baru oleh para seniman yang berasal dari kaum saudagar agar sesuai dengan selera mereka. Para seniman ini juga mengubah motif larangan (terlarang) sehingga bisa dipakai oleh masyarakat kebanyakan. Motif batik ini dikenali dengan design yang terkesan berani dalam hal pemilihan bentuk, penggunaan benda benda alam dan binatang, serta pemakaian kombinasi warna yang didominasi warna soga atau biru tua.
Batik Sudagaran ini memberikan kwalitas dalam proses pengerjaannya dan kerumitan dalam menghasilkan ragam hias yang baru. Pembuat batik Sudagaran ini merubah batik kraton dengan penambahan isen isen yang lebih rumit dan mengisinya dengan cecek (bintik/ttik) sehingga terwujud sebuah motif batik yang sangat indah.
3. Batik Cuwiri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLpdbq-5CkFZh1AMKRmPncO443uHUPQN0mqisW1VjFwYImZgEjPWJzoDPbP_0oBcTFKWf-UtQfmNRd20phrhMZ4k1esLDoAHKyF6nkEAvG1wgBsJ_cw1AWGDvp-w4PBziGUDzEYM0v1UM-/s320/cuwiri.jpg
gambar batik cuwiri
Penjelasan: Adalah motif batik yang memakai pewarna soga alam. Umumnya batik Cuwiri ini dipakai untuk semekan atau kemben dan biasanya dipakai pada upacara adat mitoni. Motif ini umumnya ditandai dengan penggunaan ragam hias meru dan gurda. Arti dari cuwiri sendiri adalah kecil kecil.
4. Batik Tambal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyQHLaeI7bKeO9OyM1tZ9hPoELsC2b_z1rMQexwL0Ka84sz0EVA5cuUeaBniuwknhcSwENFHO6i9NhqOPsf_tDBAJxLDsIqPNhNQ6T0UwQU6e7uJKD1hQJjn3PYd4qpkJNxvhOcH7vmRNQ/s320/tambaal.jpg
gambar batik tambal
Penjelasan : Motif batik ini mempunyai arti menambal atau memperbaiki sesuatu yang rusak. Dulu, kain batik tambal dipercayai bisa membantu menyembuhkan orang sakit dengan cara menyelimuti orang tersebut dengan kain batik tambal.
5. Batik Sekar Jagad
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjGfSzeyOKsWzQCGPOjEyVC5TgBPEICRFwUkC6VSr2U8TQ56ZuavKzqgANLQAimKk8HaMFcpUrVtuP8thwn5ZnegGuDXOWgE-G0kydhoCgKC-JB4P50T3qO_saMaXztfh2Yr9J688WVybl/s320/sekar+jagad.jpg
gambar batik sekar jagad
Penjelasannya: Motif ini merupakan salah satu motif khas batik Indonesia. Makna motif ini adalah kecantikan atau keindahan yang akan membuat orang yang melihatnya menjadi terpesona. Ada juga yang berpendapat bahwa kata Sekar Jagad berasal dari kata dalam bahasa Jawa “kar jagad” (kar: peta, jagad: dunia) yang berarti motif ini menggambarkan keragaman di seluruh dunia.

6. Batik Kawung
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPoScR2iQ-6v8lrmt6mRPs5_v7lywy2HW1-qD2p6ygddV4w2dl1EFw31UV0j8gGsG828s4CW9huHpgcj7Ps1yTfERd-UIZ4YAHh-MJmdoC_90pQ9GSWtozBeyAVdr3b3jcB7Z4HuCsi72V/s320/kawung.jpg
gambar batik kawung
Penjelasan: Motif batik Kawung mempunyai pola berupa bulatan seperti buah Kawung, yaitu sejenis kelapa atau kolang kaling yang disusun rapid dan geometris.
Motif ini juga kadang diwujudkan sebagai gambar bunga teratai (lotus) dengan 4 lembar daun bunga yang merekah. Teratai sendiri adalah bunga yang melambangkan panjang umur dan kesucian. Umumnya pemberian nama nama motif batik Kawung didasarkan atas besar kecilnya bentuk bulatan yang terdapat dalam motif. Sebaga contoh, Kawung Picis adalah batik kawung yang motifnya tersusun atas bulatan bulatan yang kecil (picis adalah nama mata uang sepuluh sen yang ukurannya kecil). Kemudian Kawung Bribil adalah batik kawung yang motifnya tersusun atas bulatan bulatan yang ukurannya lebih besar dari kawung picis (bribil adalah nama mata uang yang ukurannya juga lebih besar bila dibandingkan dengan picis). Sedang Kawung Sen mempunyai bentuk bulat dan lonjong yang lebih besar disbanding Kawung Bribil.
7. Batik Sido Mukti

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuTmakE5ntke9jk8qMDQiiQN2WxIcUIsRShZAjKurrSyIx-oVtPYBl3jom81X-SVJ6Od64gGLuqy2xq3-xnVOGd4hi3N-NDGWGDcHlCHksDRUeTigiEyST2QUXL8ROY5fdMZV7Ur5gwMdO/s320/sido+mukti.jpg
gambar sido mukti

Penjelasannya: Motif batik Solo ini biasanya dipakai sebagai kain dalam upacara adat perkawinan pada acara resepsi atau pahargyan dan biasanya dibuat menggunakan pewarna soga alam. Pola dasar yang terdapat di motif batik Sido Mukti ini adalah gurda. Makna atau filosofi dari motif batik ini adalah harapan untuk mendapatkan kebahagiaan lahir batin.
8. Batik Sido Luhur

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiL45iI0wq427IHuq26UmDTDj-Ua5mq5CbRTqKoQ8klBdAgt6qkn2HNnlGH-u0F9wa79gf3jBxkWh9LnbdORBzqbSzXbEGjIsE77vhfU6LIAMyIEQSkVMIEo8w5c64ed-GlUWzTqMs362r/s320/sido+luhur.jpg
gambar batik sido luhur
Penjelasan : Merupakan batik Kraton Surakarta (Solo). Motif batik Sido Luhur biasanya dikenakan oleh pengantin perempuan di malam pegantin. Motif ini mengandung makna keluhuran yang berarti suatu harapan agar bisa mencapai kedudukan yang tinggi serta bisa menjadi panutan masyarakat.
9. Batik Sido Asih
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPm8uR95mAoJ616JUySs0FK400xk-L5PrXFCGht2MYutWuJB2ETLefBRXF3CISiMzkVnyFFw2s3hpP_D1A5v-DwmlPSpAAGlH-wKLScNHe5qhzPDnMhJueIptRYE6G5d6jfvHbpHxOqt7E/s320/sido+asih.jpg
Gambar Motif Batik Sido Asih

Penjelasannya : Merupakan batik Kraton Surakarta (Solo) yang biasanya dipakai oleh pengatin perempuan. Motif batik Sido Asih ini mempunyai makna agar dalam hidup berumah tangga selalu dipenuhi dengan kasih saying. Dalam arti yang lebih luas, batik Sido asih diartikan agar manusia mengembangkan rasa saling mengasihi dan menyayangi antar sesama.

Penjelasan batik sidomukti
Setelah kita mengetahui macam-macam batik, kita akan membahas lebih jauh apa sih itu batik sidomukti…
Nama sidomukti terdiri dari dua kata yang tergabung menjadi satu yaitu Sido dan Mukti. Keduanya memiliki arti yang sangat luhur yakni sido berarti terus menerus atau berkelanjutan yang menggambarkan suatu poses kontinuitas sedangkan mukti berarti kemakmuran. Jadi sidomukti berarti selalu makmur.
Dahulu para pembatik ketika membuat batik diiringi doa dan puasa agar mereka yang memakai kain Sidomukti saat menikah hingga saat berumah tangga memperoleh mukti atau kebahagiaan yang sempurna, dilanggengkan kehidupannya dan dimudahkan rejekinya. Di dalam kain batik sidomukti ini juga terdiri dari beberapa motif, diantaranya yang terpenting dan yang utama adalah motif ukel (bentuknya seperti koma), semakin kecil ukelnya maka semakin tinggi mutu seninya. Selain itu, kain ini dihias dengan motif gurda, motif kotak-kotak yang bergambar kupu-kupu dan semacam kereta pengantin yang ditandu dengan bahu. Makna yang terkandung dari kain batik sidomukti adalah agar kedua pasangan pengantin tersebut bisa mukti, yaitu kebahagiaan yang sempurna yakni kebahagiaan lahir batin serta kehidupannya di kemudian hari akan penuh dengan kemapanan.
Batik motif Sidomukti mengandung makna kemakmuran. Demikianlah bagi orang Jawa, hidup yang didambakan selain keluhuran budi, ucapan, dan tindakan, tentu agar hidup akhirnya dapat mencapai mukti atau makmur baik di dunia maupun di akhirat. Orang hidup di dunia adalah mencari kemakmuran dan ketentraman lahir dan batin. Untuk mencapai kemakmuran dan ketentraman dibutuhkan usaha dan kerja keras, keluhuran budi, ucapan, dan tindakan. Namun untuk mencapai itu semua tentu tidaklah mudah. Setiap orang harus bisa mengendalikan hawa nafsu, mengurangi kesenangan menggunjing tetangga, berbuat baik tanpa merugikan orang lain, dan sebagainya, agar dirinya merasa makmur lahir batin. Kehidupan untuk mencapai kemakmuran lahir dan batin itulah yang juga menjadi salah satu dambaan masyarakat Jawa dan tentu juga secara universal. Semoga bermanfaat.
Batik Motif Sidomukti
gambar lain corak dari sido mukti


 NAMA : ZULKIFLI
KELAS : 2 ID02
DOSEN: MEI RAHARJA
Sumatera atau Sumatra adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 443.065,8 km2, yang sebagian besarnya adalah hutan, sehingga banyak flora yang tumbuh disumatera, namun hanya sebagian saja yang bisa menjadi mascot atau tanaman khas di pulau sumatera, salah satu mascot atau tanaman yang khas yang terkenal disumatera barat adalah pohon andalas
Pohon Andalas merupakan tanaman khas Sumatera Barat. Pohon dengan nama latin Morus macroura ini ditetapkan menjadi flora identitas bagi provinsi Sumatera Barat.
Pohon Andalas (Morus macroura) masih berkerabat dekat dengan pohon Murbei (Morus alba) yang biasa digunakan sebagai pakan ulat sutra (Bombyx mori). Tanaman yang disebut sebagai Himalayan Mulberry atau Sumatra Mulberry ini dalam bahasa daerah sering dinamai juga sebagai Kertau, Hole Tanduk, dan Andaleh. Sedangkan dalam bahasa ilmiah pohon yang menjadi maskot (flora identitas) Sumatera Barat ini dinamakan Morus macroura yang bersinonim dengan Morus laevigata.
Ditetapkannya pohon Andalas sebagai flora identitas Sumatera Barat mungkin tidak terlepas dari pemanfaatan kayu Andalas sebagai bahan pembangunan rumah adat di daerah Minangkabau. Sayangnya pohon ini mulai langka dan sulit ditemukan. Bahkan untuk memperoleh kayunya seringkali memerlukan perjalanan berhari-hari menuju lokasinya di hutan.
Buah dan daun pohon Andalas yang menyerupai Murbei
Buah dan daun pohon Andalas yang menyerupai Murbei
Diskripsi Pohon Andalas. Pohon Andalas mempunyai tinggi sekitar 40 meter dengan diameter batang mencapai 1 meter. Bentuk daun mirip daun murbai (Morus alba), seperti jantung namun permukaan daunnya sedikit kasar karena berbulu. Bagian tepi daunnya bergerigi. Tangkai daun maupun cabang Andalas juga berbulu, bulu-bulu tersebut bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit yang peka.
Buah Andalas pun mirip dengan buah murbai. Buahnya berbentuk majemuk, menggerombol berwarna hijau jika masih muda dan menjadi ungu kemerahan bila telah masak. Buahnya berair dan dapat dimakan dengan rasa asam-asam manis. Perbanyakanpohon ini bisa dengan cara stek.
Pohon Andalas (Morus macroura) tumbuh tersebar mulai dari India, China bagian selatan, Kamboja, Thailand, dan Indonesia. Di Indonesia tanaman ini hanya bisa ditemukan di Sumatera dan Jawa bagian barat.Habitat pohon Andalas terdapat di hutan-hutan dataran tinggi dengan curah hujan yang cukup banyak pada ketinggian antara 900-2.500 meter dpl.
Pohon yang ditetapkan sebagai tanaman khas (flora identitas) provinsi Sumatera barat ini terkenal sebagai kayu yang kuat, tahan serangga dan tidak mudah lekang oleh panas maupun lapuk oleh hujan. Oleh karenanya kayu Andalas sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan untuk rumah baik sebagai tiang, balok landasan rumah, papan dinding, maupun lantai. Selain itu kayunya juga kerap kali dipergunakan untuk pembuatan perabot rumah tangga.
Meskipun tidak termasuk dalam ‘daftar merah’ (red listIUCN, tetapi di Indonesia (baik di Jawa maupun di Sumatera), tanaman ini mulai langka dan sulit ditemukan. Tentunya kita tidak menginginkan sebuah maskot provinsi akan menjadi punah.
Klasifikasi ilmiah: Kingdom: Plantae; Subkingdom: Tracheobionta; Super Divisi: Spermatophyta; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Sub Kelas: Dilleniidae; Ordo: Urticales; Famili: Moraceae; Genus: Morus; Spesies: Morus macroura Miq.

NASIONALISME DAN EUFORIA SEPAKBOLA INDONESIA

 NAMA : ZULKIFLI
KELAS : 2 ID02
DOSEN: MEI RAHARJA

Secara etimologi, Nasionalisme yang berasal dari kata “nasional” dan “isme” adalah suatu paham untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Jadi, orang yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi akan berusaha berbuat kebaikan untuk negaranya tercinta.
Akhir-akhir ini, Nasionalisme seringkali kita baca atau kita dengar terlebih lagi beberapa minggu terakhir Timnas Indonesia sering bertanding di dalam negeri. Timnas U19 bahkan mampu menjuarai Turnamen AFF Cup 2013 yang di gelar di Sidoarjo Jawa Timur.  Prestasi itu seolah menjadi oase di padang gurun atas kekecewaan yang terakumulasi dari kegagalan-kegagalan sebelumnya. Euforia tampak di mana mana. Dari anak kecil, kaum muda hingga kalangan tua tak lagi malu untuk keluar rumah menggunakan kostum Timnas Indonesia. Luapan fanatisme akan Timnas Indonesia makin meninggi ketika selang beberapa hari kemudian Timnas Indonesia U19 mampu lolos ke Piala Asia U19 2014 di Myanmar setelah menjuarai grup serta mempermalukan juara bertahan yaitu Korea Selatan, yang kita ketahui selama ini adalah raja sepak bola di asia selain jepang.
Puja-puji dan sanjungan mengalir deras seperti air terjun yang mengalir deras, pujian itu  di  lontarkan berbagai pihak untuk memuji penampilan sensasional para punggawa Gardua Muda. Kata nasionalisme kembali menjadi hits seiring meningginya animo masyarakat mendukung dan menonton langsung Timnas U19 yang berlaga. Bagi sebagian orang, nasionalisme adalah mendukung sepenuh hati dan menonton langsung penampilan Timnas di stadion. Semudah itukah label sakral Nasionalisme melekat pada diri seseorang ?
Beberapa hari ini saya sekuat tenaga berusaha tidak ikut larut secara lebay dalam euforia Timnas Indonesia U19. Lalu semua keteguhan dan pertahanan saya akhirnya jebol setelah saya menceramati dan mengenal lebih dekat sosok arsitek Timnas Indonesia U19 saat ini yaitu Indra Sjafri. indra sjafri ialah orang yang patuh dicontoh karena untuk bisa membuat timnas yang terbaik. Ia di kabarkan rela terjun langsung ke pelosok nusantara demi mencari pemain muda berkualitas yang ia butuhkan untuk pemain Tim Nasional. Saya tak perlu sebutkan seluas Negara tercinta kita ini  yang jelas pengorbanan, yang Indra Sjafri lakukan sangatlah tidak mudah. Di butuhkan tenaga, waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan  yang ia butuhkan dan di mendapatkan hasil jerih payah nya selama ini,  hingga  mampu memuaskan dan memenuhi harapan seluruh rakyat Indonesia.
Indra Sjafri seolah melawan semua pola dan sistem pemilihan pemain yang di pakai oleh pelatih pelatih terdahulu yang di ketahui bersama hanya berbuah kegagalan dan kekecewaan saja. Ketika pemilihan pemain biasanya hanya di ambil dari tim muda atau SSB di daerah yang selama ini justru lebih sering gagal, Indra Sjafri lebih memilih melakukan seleksi yang ia saksikan langsung di desa desa terpencil yang ada di Indonesia. Indra Sjafri seolah paham betul fakta jika tidak semua bakat muda yang berkualitas punya kema- mpuan  secara financia  untuk masuk ke SSB yang memungut iuran dari para anak didiknya. Buat saya pribadi, apa yang mendasari dari semua yang di lakukan oleh Indra Sjafri adalah karena rasa cinta kepada tanah air nya yang begitu besar. Rasa cinta yang tak rela negara ini, selalu bertemu dinding besar bernama kegagalan. Indra Sjafri sudah muak dengan ocehan orang yang bilang bila Timnas Indonesia sulit berprestasi di pentas Asia dan dunia . Indra Sjafri seolah tak sudi bila namanya tercatat dalam daftar pelatih Timnas Indonesia yang gagal.
Maka dengan segala tekad dan niat untuk membangunkan raksasa yang tertidur telalu panjang ini, Indra Sjafri rela mendobrak sistem yang ada dengan sistem yang ia yakini dan terbukti ampuh untuk  menghadirkan prestasi yang selama ini di rindukan. Bila Nasionalisme memiliki tingakatan, maka saya menempatkan Indra Sjafri sebagai orang dengan Nasionalisme teratas.  Apa yang di tunjukan oleh Indra Sjafri dengan cara yang ia tempuh membuat saya berpikir,  apakah ada orang lain selain Indra sjafri yang bisa, membuat kita bangga akan tentang nasionalisme negeri ini, dan kita bisa menunjukkan bahwa negeri ini pun mampu berprestasi ditingkat asia bahkan dunia.
Pada akhirnya saya hanya akan mengucapkan terima kasih banyak untuk tindakan menginspirasi dari Indra Sjafri.
Teruslah berinovasi, teruslah mencari, dan buktikan bangsa ini mampu berprestasi.